Diberdayakan oleh Blogger.

.

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wall-e, Hubungan Interaksi Manusia dan Komputer

Film garapan wall disney ini emang memang layak untuk ditonton untuk semua umur khususnya buat anak-anak. Detail gambar, ide cerita sampai pesan yang disampaikan kepada penonton film garapan wall disnep adalah Wall-E. film animasi 3 dimensi ini bercerita tentang keadaan bumi pada tahun 2110 yang penuh dengan sampah. sehingga membuat bumi tidak layak untuk tempat tinggal, karena kadar level racun dari sampah sudah tak terbendung lagi. pada saat yang bersamaan semua manusia dimuka bumi meninggalkan bumi dan bergerak menuju keluar angkasa untuk mencari kehidupan lain, dengan menumpang pesawat dari BnL untuk menuju ke pesawat induk Axiom.
sedangkan diBumi hanya terdapat robot-robot pembersih sampah yang disebut Wall-E. Wall-e ini hanya sebesar kotak kardus dan bertahan hidup dengan tenaga matahari. disini wall-e adalah salah satu robot yang masih bertahan dibumi.
wall-e sengaja diciptakan untuk membersihkan sampah dibumi yang diharapkan bumi bisa kembali bersih dan bisa dihuni lagi.
wall-e bekerja menjadi pengepres sampah dan menumpuknya setinggi gedung empire di New York. pada saat wall-e sedang menjalankan tugasnya membersihkan sampah tiba-tiba menemukan tanaman hijau yang tumbuh disekitar sampah kemudian membawnya kerumah tanpa tahu benda apa ini.
pada suatu saat wall-e dikejutkan oleh datangnya pesawat luar angkasa dan muncul sosok mahkluk putih dan melayang terbang mengitari kota. dengan penasaran wall-e mengikuti setiap langkah mahkluk tersebut. ternyata mahkluk tersebut sedang mencari misi dibumi.
pada saat yang bersamaan wall-e mencoba mendekatinya dan berkenalan dengan mahkluk tersebut. ternyata mahkluk tersebut bukan hantu atau lelembut tetapi sesosok robot yang bernama eve. wall-e pun mengajak eve pulang kerumahnya. berbagai barang wall-e ia kenalkan kepada eve, hingga pada suatu saat wall-e mengenalkan tanamannya kepada eve dan kemudian eve mendeteksi tanaman tersebut dan sesuai dengan instruksi eve bahwa tanaman tersebut adalah misinya.
eve kemudian memberi sinyal kepada pesawat untuk dibawa kembali kemarkas induk dengan membawa tanaman tersebut. disaat itu wall-e mengira eve diculik sehingga wall-e ikut menyelinap dipesawat dan terbang meninggalkan bumi ke luar angkasa.
begitu diangkasa pesawat tersebut mendarat dipesawat induk bernama Axiom. ya axiom adalah pesawat induk dari BnL buatan manausia yang hijrah keangkasa. begitu sampai dipesawat tanaman tersebut hilang dan ternyata ada robot yang tidak senang dengan misi eve tersebut, sehingga mencuri dan melenyapkan tanaman tersebut.
kapten pilot Axiom menginginkan tanaman tersebut sedangkan co-pilotnya yang sebuah robot bernama auto menolak rencananya. karena sang auto telah menerima pesan dari tahun 2110 bahwa bumi tidak layak huni karena kadar racun sudah tinggi, tetapi itu sudah berlangsung selama 700 tahun dan sang pilot beranggapan bahwa waktu selama itu sudah cukup untuk bumi berevolusi dan siap dihuni.
kapten pilot memerintahkan eve dan wall-e untuk mencari tanaman tersebut tetapi selalu dihalang-halangi oleh auto sang co-pilot. kapten dan auto berselisih pendapat sehingga terjadi pemberontakan oleh auto dan auto mencoba untuk memberhentikan sang kapten dari jabatannya dan menangkap wall-e dan eve. dengan pantang menyerah wall-e dan eve mencari tanaman tersebut dan harus berhadapan dengan robot-robot dari auto.
dengan berbagai cara wall-e dan eve mencari dan akhirnya menemukan tanaman tersebut dan segera membawanya ke holo-detektor untuk mengaktifkan pesawat secara otomatis kembali kebumi.
pesawat mendarat dibumi dan keadaan masih parah penuh dengan sampah, sehingga hal ini membuat PR para penghuni Axiom yang sudah beranak cucu disana untuk memulai dari nol lagi yaitu berladang. dengan tanaman yang ditemukan oleh wall-e tersebut mulai untuk dijadikan bibit bagi bumi agar bumi terlihat hijau lagi seperti dahulu…
hhhm kebayang gak si kalo bumi penuh dengan sampah sehingga membuat manusia mengungsi dari bumi. film ini bagus penuh dengan pesan agar menciptakan bumi yang asri. stop global warming and keep green earth.

Hubungannya dengan IMK
Film ini memperlihatkan bagaimana manusia lagi-lai menjadi penyebab kehancuran bumi karena sampah, sampai-samapai tumbuhan pun tak tumbuh dibumi. Manusia yang digambarkan pergi meninggalkan bumi yang menetap di luar abgkasa pun enggan untuk kembali ke bumi dimana mereka dilahirkan. Seseram itukah bumi dimasa depan ?

Dan tehknologi menjadi pahlawan untuk masalah ini. Menjadi pembersih ataupun menjadi pencari informasi. Dan diceritakan robot ini saling jatuh cinta, namun tidak bisa mengekspresiaknnya lewat raut muka karena keterbatasannya. Jika robot ini di program ulang untuk bisa membuat ekspresi emosi lewat raut muka, tetap saja tak bisa dibandingkan dengan manusia.

Oleh karena itu, interaksi manusia harus lebih di pertahankan dan dikembangkan. Dari pada terus sering melakukan pengembangan tekhnologi yang menjadikan pemusnahan manusia. Dan sudah hukum mati bahwasanya tak ada makhluk yang sempurna seperti manusia.

Comments :

0 komentar to “Wall-e, Hubungan Interaksi Manusia dan Komputer”

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

back to top